Akhirnya Berkas Penyidikan Pegi Setiawan Resmi Dihentikan! -->
×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Akhirnya Berkas Penyidikan Pegi Setiawan Resmi Dihentikan!

Jumat, 19 Juli 2024 | 17.32.00 WIB Last Updated 2024-07-19T10:32:52Z


Pegi Setiawan Mantan tersangka pembunuhan Eky dan Vina. Foto: YouTube 


POJOKINSPIRA.COM -- Sudah hampir 2 pekan Pegi Setiawan atau PS menghirup udara bebas. Sebelum tanggal 8 Juli 2024, buruh bangunan itu telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon pada 2016 silam.


Hakim Tunggal PN Bandung Eman Sulaeman, mengabulkan permohonan gugatan praperadilan yang dilayangkan Pegi Setiawan. Praperadilan ini dibuat setelah Pegi ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Jabar atas kasus pembunuhan Vina Cirebon.


"Mengadili, mengabulkan praperdilan permohon untuk seluruhnya. Menetapkan penetapan tersangka kepada pemohon atas nama Pegi Setiawan beserta surat lainnya dinyatakan tidak sah dan batal secara hukum," kata Eman Sulaeman saat membacakan surat putusannya di PN Bandung, Senin (8/7/2024).


Eman menyatakan, atas putusan ini, Polda Jabar harus segera membebaskan Pegi dari tahanan. Polda Jabar juga wajib mengembalikan harkat, martabat hingga kedudukannya usai putusan tersebut.


"Menyatakan tindakan termohon menetapkan pemohon sebagai tersangka adalah tidak sah dan berdasarkan asaz hukum. Menetapkan surat penetapan tersangka batal demi hukum," ucap Eman.


"Memerintahlan kepada termohon untuk menghentikan penyidikan kepada pemohon. Memerintahkan kepada termohon untuk membenaskan pemohon dari tahanan," pungkasnya.


Kini, Kejati Jawa Barat juga memberikan informasi terbaru mengenai berkas penyidikan atas kasus yang menjerat Pegi. Pihak Kejati menyatakan bahwa berkas tersebut telah dihentikan prosesnya semenjak Pegi menang praperadilan.


"Pihak Polda Jabar sudah mengirimkan ke kami pemberitahuan penghentian penyidikan atas nama tersangka PS. Pemberitahuannya tanggal 8 Juli dan kami terima pada tanggal 12 Juli 2024," kata Kasipenkum Kejati Jabar Sri Nurcahyawijaya, Kamis (18/7/2024).


Cahya mengungkapkan, setelah menerima pemberitahuan tersebut, pihaknya akan membuat nota pendapat dari Kejati Jabar. Kemudian, Kejati akan mengirimkan kembali surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) ke Polda Jabar.


"Pemberitahuannya itu sudah dihentikan penyidikan atas nama tersangka PS. Sehingga sikap kami dari jaksa akan membuat nota pendapat yang akan ditindaklanjuti dengan mengirimkan kembali ke penyidik Polda berupa SPDP yang telah dikirimkan ke kami," pungkasnya.


×
Berita Terbaru Update