Ada Gejala Diabetes, Simak Lima Makanan Penurun Gula Berikut -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Ada Gejala Diabetes, Simak Lima Makanan Penurun Gula Berikut

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 07.48.00 WIB Last Updated 2023-08-05T11:41:44Z

Buah naga/Freepik


PENULIS : Ach Zaini Khusyairi

POJOKINSPIRA.COM -- Lima makanan penurun gula berikut sangat dianjurkan bagi penderita gejala diabetes sebagai ikhtiar pengobatan. 


Diketahui bahwa penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengurangi asupan gula di dalam tubuh agar gula tidak bertambah naik. 


Penderita gula darah tinggi atau diabetes harus mengatur pola makan biar bisa menjaga kadar gula darah yang sehat.  Secara umum, makanan yang paling banyak menyebabkan kadar gula darah naik adalah yang tinggi karbohidrat, yang cepat diubah menjadi energi, seperti nasi, roti, buah-buahan, dan gula


Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan penurun gula yang dianjurkan untuk dikomsumsi efektif untuk  mencegah diabetes. 


1. Buah Mengkudu

Buah Mengkudu/Freepik


Mengkudu Makanan penurun gula darah tinggi pada tubuh kedua adalah mengkudu. Mengkudu dapat menurunkan kadar glukosa darah karena mengandung flavonoid.  Flavonoid memiliki efek hipoglikemik, sehingga baik untuk pengidap diabetes, terutama yang kadar gula darahnya sedang tinggi.


2. Jahe 

Jahe/Freepik


Jahe Makanan penurun gula darah tinggi pada tubuh kelima adalah jahe. Jahe adalah salah satu makanan penurun gula darah yang patut dicoba.  


Sebagai bumbu makanan dan minuman sehat dan menghangatkan, jahe juga membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur produksi insulin.  


3. Buah Pare

Buah Pare/Freepik


Pare Makanan penurun gula darah tinggi pada tubuh ketiga adalah pare.  Pare memiliki kandungan yang dapat bertindak seperti insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.  


Pare dapat menyebabkan lebih banyak glukosa masuk ke dalam sel, dan kemudian membantu tubuh memproses dan menyimpannya di hati, otot, dan lemak.  


4. Ikan Tuna 

Ilustrasi Ikan Tuna/Freepik


Ikan tuna Makanan penurun gula darah tinggi pada tubuh keempat adalah ikan tuna. Makanan yang mengandung protein ini membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya.  


Protein tidak meningkatkan indeks glikemik, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya.  


5. Buah Naga

Buah Naga/Freepik


Buah naga Makanan penurun gula darah tinggi pada tubuh juga buah naga.  Buah naga mengandung nutrisi yang sangat berharga dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.  


Beberapa kandungan nutrisi buah naga adalah vitamin C, magnesium dan zat besi. Semua nilai gizinya tersebut buah naga sangat baik untuk pengidap diabetes.   


Jika sahabat inspira memiliki keluhan kesehatan atau alergi dengan makanan tertentu, sebaiknya untuk berkonsultasi langsung pada dokter.   


Editor : Ach Zaini Khusyairi


×
Berita Terbaru Update