8 Destinasi Wisata di Malang Ekonomis Buat Liburan Lebaran Idul Fitri Bersama Keluarga No 4 Jomblo Bersiap Tersesat -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

8 Destinasi Wisata di Malang Ekonomis Buat Liburan Lebaran Idul Fitri Bersama Keluarga No 4 Jomblo Bersiap Tersesat

Rabu, 12 April 2023 | 23.46.00 WIB Last Updated 2023-04-12T16:46:03Z
Labirin Coban Rondo/Instagram @cobanrondomalang


POJOKINSPIRA.COM -- Jelang liburan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah atau Lebaran 2023 daftar wisata di Malang ini mungkin menjadi destinasi untuk dikunjungi saat liburan tiba. 


Momen lebaran adalah kesempatan untuk berkumpul dan bermain bersama keluarga mengisi liburan setelah lama tidak berkumpul karena kesibukan atau merantau jauh dari kampung halaman. 


Bagi Anda yang saat ini mudik atau sedang berkunjung ke Malang dan ingin menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berlibur, berikut daftar destinasi wisata di Malang dengan tiket ekonomis cocok untuk liburan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah atau Lebaran 2023.  


1. Taman Wisata Air Wendit

Water Boom wisata Air wendit/Instagram@wendit_waterpark

Masih tentang wisata pemandian di Malang, tempat yang satu ini juga sudah lama dikenal masyakarat sekitar sebagai destinasi wisata. Pemandian taman wisata air Wendit selalu ramai dikunjungi karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan memudahkan rejeki.


Wendit sendiri berarti pendeta. Di mana dalam cerita, ada pendeta yang dulu bersemedi di daerah Mangliawan kala terjadi kekeringan. Saat era kolonial Belanda, wisata di Malang ini bahkan dilengkapi dengan arena tenis untuk hiburan para tuan tanah dan penjajah.


Pemandian Wendit berlokasi daerah Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tepatnya ada di Jalan Raya Wendit Timur. Lokasinya yang begitu dekat dengan Kota Malang membuatmu tak perlu capek untuk berkendara. Pengunjung dari Kota Malang dapat menjangkaunya hanya dalam waktu 30 menit bila lalu lintas tak terlalu padat.


Berikut ini harga tiket masuk Taman Wisata Air Pemandian Wendit yang dibagi dalam kategori usia dan hari kunjungan.


Tiket Masuk Hari Biasa (weekday)

Kategori dewasa: Rp15,5 ribu

Kategori anak: Rp10,5 ribu


Tiket Masuk Hari Libur dan Akhir Pekan (weekend)

Kategori dewasa: Rp18,5 ribu

Kategori anak: Rp12,5 ribu


Pemandian Wendit cocok menjadi wisata keluarga di Malang. Pemandian di Malang ini tidak hanya memiliki kolam bernuansa alami dengan bebatuan di sekitarnya. Namun juga telah dibangun sebuah waterpark yang pastinya menarik untuk anak-anak.


Tak hanya itu, pengelola Taman Wisata Air Wendit juga menyediakan arena bermain lainnya. Beberapa di antaranya seperti wahana outbond hingga komedi putar.


2. Taman Rekreasi Sengkaling

Taman rekreasi sengkaling/Instagram@wisatasengkalingmalang

Sengkaling termasuk destinasi wisata di Malang yang telah melegenda. Maklum, masyarakat Malang sudah puluhan tahun menjadikan tempat ini sebagai arena melepas penat di akhir pekan


Walau sempat berganti pengelola dan pemilik, wisata ini berusaha agar bisa tetap eksis dengan aneka inovasi wahana terbaru. Apalagi karena lokasinya yang berada di perbatasan Kota Malang dan jalan poros Malang-Batu.


Pengunjung yang datang tentu akan dikenai biaya tiket. Namun tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk Sengkaling yang terjangkau seperti dalam daftar berikut ini.


Tiket masuk hari biasa (weekday): Rp30 ribu

Tiket masuk hari libur dan akhir pekan (weekend): Rp35 ribu

Tiket masuk terusan: Rp65 ribu


Tak berlebihan jika taman rekreasi Sengkaling menggunakan slogan “wiisata air impian keluarga”. Hal ini tak lepas dari beragam wahana dan permainan yang seru.


Jika kamu membeli tiket masuk terusan, maka akan bisa menikmati wahana Bioskop 4D, Kolam Primitif, Perahu Naga, Joyland, Kiddy Train, dan Kincir Angin.


Sedangkan tiket biasa, wisatawan dapat masuk dan menikmati wahana Kolam Tirta Alam, Taman Kelinci, Taman Sesat, dan Kolam Tirta Sari. Di tempat wisata ini juga tersedia pusat makanan atau food court dengan aneka pilihan hidangan lezat


3. Boon Pring

Wisata Boon Pring/Instagram @boonpringandeman


Siapa yang bisa menangkal kenyamanan saat bersantai di areal danau yang dikelilingi pohon bambu? Inilah yang membuat wisata Boon Pring Malang jadi primadona wisata Kabupaten Malang.


Destinasi wisata yang terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, ini juga sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi. Hanya butuh satu jam perjalanan dari Kota Malang dengan jarak tempuh sekitar 33 kilometer.


Harga Tiket Masuk Boon Pring


Bicara mengenai biaya, tiket masuk Boon Pring juga tak kalah murah dari destinasi wisata di Malang lainnya. Berikut ini biaya tiket yang dibagi menjadi kategori usia dewasa dan anak.


Tiket masuk khusus dewasa: Rp10 ribu

Tiket masuk khusus anak (4-12 tahun): Rp5 ribu


Wisata ini dinamai Boon Pring karena memang terdapat banyak pohon bambu disekelilingnya. “Boon” atau bambu sudah ada sejak dahulu kala. Selain itu, juga terdapat beberapa mata air yang jernih nan alami. Ada mata air Sumber Krecek, Sumber Seger, Sumber Adem, Sumber Maron, dan Sumber Gatel.


Wisatawan yang berkunjung ke sini tak hanya bisa menenangkan diri di tengah suasana alam. Namun juga bisa berkeliling danau dengan aneka fasilitas yang disediakan. Apalagi kini telah ada wahana flying fox yang menambah keseruan liburan.


4. Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo/Instagram @cobanrondomalang

Perjalanan wisata di Malang tak akan lengkap jika tidak berkunjung ke Coban Rondo. Objek wisata alam air terjun ini telah dikenal lebih dari puluhan tahun lamanya. Lengkap dengan cerita legenda pertarungan Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo yang memperebutkan Dewi Anjarwati.


Air terjun di Malang ini memiliki tinggi sekitar 84 meter. Sumber air sungai yang mengalir deras membuat air yang menerpa wajah terasa menyegarkan. Apalagi di kawasan ini memiliki suhu udara yang lumayan dingin karena berada di ketinggian 1135 Mdpl. Sungguh sejuk dan asri.



Lokasi Coban Rondo terletak di Desa Pandesari. Tepatnya di Jalan Coban Rondo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Bila kamu berkendara dari Kota Batu, maka butuh waktu hanya sekitar 30 menit dengan jarak tempuh 12 kilometer.


Harga Tiket Masuk Coban Rondo : 


Wisatawan lokal

Weekday: Rp15 ribu

Weekend: Rp18 ribu


Wisatawan mancanegara

Weekday: Rp30 ribu

Weekend: Rp35 ribu


Pilihan aktivitas wisata di Coban Rondo ada banyak dan tentu menjadi daya tarik tersendiri. Selain air terjun, terdapat labirin tanaman setinggi 2 meter yang ikonik dan digemari oleh pengunjung.


Selain itu, juga ada pilihan permainan fun tubbing yang tentunya menguji nyali dan adrenalin tersendiri. Belum lagi wahana paintball yang bisa dimainkan secara berkelompok.


5. Cafe Sawah dan Desa Wisata Pujon Kidul

Pintu gerbang Cafe Sawah/Instgram @cafesawah_pujonkidul

Desa Wisata Pujon Kidul menjadi salah satu alternatif wisata di Malang yang sudah populer. Objek wisata ini tak hanya dikenal sebagai tempat makan dengan nuansa alam, namun juga makin lengkap dengan adanya persewaan jeep, kuda, ATV dan masih banyak lainnya.


Biaya yang murah membuat Café Sawah ini selalu ramai. Berikut ini harga tiket masuk Desa Wisata Pujon Kidul yang bisa berubah sewaktu-waktu.


Tiket masuk: Rp13 ribu

Berkuda: Rp40 ribu

Sewa ATV: Rp50 ribu

Sewa Jeep Offroad: Rp150 ribu

Sewa homestay: Rp250 ribu per malam

Retribusi parkir motor: Rp5 ribu

Retribusi parkir mobil: Rp10 ribu


Daya Tarik dan Aktivitas Wisata di Desa Wisata Pujon Kidul


Lalu apa saja yang bisa kamu dan keluarga lakukan di Desa Wisata Pujon Kidul? Banyak sekali. Pertama, pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil bersantai dan makan makanan yang lezat.


Selanjutnya, bagi yang suka tantangan, maka silahkan mencicipi asyiknya naik kuda di areal pedesaan. Olahraga offroad dan ATV juga disediakan untuk menguji adrenalin dan keterampilanmu.


Bagi keluarga yang membawa buah hatinya, maka wisata edukasi peternakan sapi di Desa Pujon Kidul bisa jadi pilihan menarik. Terlebih, Pujon memang dikenal sebagai daerah penghasil susu sapi yang berkualitas. Dan tentu saja, jangan lupa abadikan momen liburanmu ya.


6. Bendungan Selorejo

Bendungan Selorejo/Instagram @dwilindri


Bendungan Selorejo menjadi salah satu alternatif wisata keluarga di Malang yang telah beroperasi sejak 1970. Bendungan atau waduk ini memang dibangun dengan fungsi utama sebagai penampung aliran air Sungai Konto.


Namun, daya tariknya membuat destinasi wisata Malang ini akhirnya kerap dijadikan tempat berlibur keluarga. Banyak yang ingin melihat pemandangan danau sambil sesekali memancing. Ditambah lagi adanya keramba ikan milik masyarakat yang menarik perhatian.


Lokasi wisata Bendungan Selorejo sendiri berada di Dusun Sedawun. Tepatnya di Desa Pandansari, Ngantang, Kabupaten Malang. Kamu bisa ke sini dalam waktu 1,5 jam dari Kota Malang dengan menempuh jarak 40 kilometer.


Harga Tiket Masuk Bendungan Selorejo


Soal biaya, harga tiket Bendungan Selorejo juga terbilang murah. Berikut ini tarifnya pada April 2023 yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Tiket masuk hari biasa (weekday): Rp13 ribu

Tiket masuk hari libur dan akhir pekan (weekend): Rp20 ribu


Keindahan danau ini tentu tak bisa dipungkiri. Sejauh mata memandang, hamparan danau yang luas dilengkapi dengan panorama pengunungan hijau. Ada Gunung Kawi, Kelud, hingga Arjuno yang nampak dari kejauhan.


Sebagai salah satu wisata di Malang, terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bendungan Selojero, di antaranya menikmati kuliner ala pedesaan, memancing, dan berkeliling danau menggunakan perahu.


7. Wisata Lembah Tumpang Resort

Wisata Lembah Tumpang Resort/Instagram @wisata_tumpang_resort

Lembah Tumpang memang tergolong wisata di Malang yang baru. Sejak dibangun pada 2014, wisata yang menempati lahan seluas 20 hektar ini langsung mencuri perhatian masyarakat karena keindahan miniatur dan replika candi yang dibangun megah. Hampir menyerupai aslinya.


Harga Tiket Masuk Lembah tumpang


Walau terbilang lebih mahal, harga tiket masuk Lembah Tumpang Resort di bawah ini memang sebanding dengan keseruan dan keindahan yang akan pengunjung nikmati.

Tiket masuk hari biasa (weekday): Rp60 ribu

Tiket masuk khusus Ramadan: Rp50 ribu


Daya Tarik Wisata Lembah Tumpang Resort


Namun jangan salah sangka, destinasi wisata Malang ini sebenarnya adalah wisata pemandian dengan beberapa jenis kolam yang tersedia. Lokasinya yang terletak di Jalan Slamet Gang Gumuk Agung, Kecamatan Tumpang, hanya berjarak 10 kilometer dari Kota Malang. Ini membuat siapa saja bisa dengan mudah menjangkaunya.


8. Desa Wisata Wringinanom

Fun Tubing/Instgram @desawisata_wringinanom

Jika ingin mencoba jalur arum jeram atau fun tubing di Malang selain Coban Rondo, kamu juga bisa pergi ke Desa Wisata Wringinanom. Salah satu dari sembilan desa penyangga wisata kawasan Bromo Tengger Semeru ini menjadi salah satu desa yang dikenal sebagai Dewi Anom.


Lokasi Desa Wisata Wringinanom berada di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Perjalanan dari Kota Malang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh 21 kilometer. Ambil arah Bromo hingga nantinya tiba di Jalan Raya Kunci Wringinanom No 12.


Soal harga, pengelola Desa Wisata Wringinanom menawarkan beberapa paket liburan sesuai dengan lama menginap para tamu. Ada paket dua hari satu malam, hingga tiga hari. Sebelum berkunjung, wisatawan wajib melakukan reservasi terlebih dahulu.


Harga setiap paket bervariasi. Dipatok mulai dari Rp75 ribu saja, hingga Rp1,2 juta. Harga ini tentu menyesuaikan dengan lama menginap dan fasilitas apa saja yang nantinya akan diperoleh wisatawan.


Desa Wisata Wringinanom bisa dibilang memang punya sajian wisata yang lengkap. Ingin mengasah kerja sama tim lewat permainan outbound? Ada. Juga fasilitas dan wahana river tubing yang siap membuatmu berteriak seru.


Selain wisata tersebut, wisata di Malang ini juga mempunyai wahana agrowisata hingga peternakan sapi perah yang menjadi sarana wisata edukasi. Pilihan makin lengkap dengan adanya sentra kerajinan rajut hingga penampilan seni budaya karawitan dan pencak dor di momen tertentu.



Demikian 8 destinasi wisata di Malang, cocok mengisi liburan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah atau Lebaran 2023 bersama keluarga. Semoga bwrmanfaat. 



×
Berita Terbaru Update