5 Menu Makanan Bisa Dimakan dengan Ketupat Spesial Khas Lebaran -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

5 Menu Makanan Bisa Dimakan dengan Ketupat Spesial Khas Lebaran

Minggu, 23 April 2023 | 17.59.00 WIB Last Updated 2023-04-23T10:59:42Z

Ilustrasi Ketupat Khas Lebaran 

POJOKINSPIRA.COM -- Ketupat identik dengan sajian khas Lebaran yang disandingkan dengan opor atau makanan berkuah lainnya. 


Namun Ketupat juga bisa disandingkan dengan berbagai makanan yang tidak hanya berkuah. Sehingga banyak varian menu yang bisa di dapatkan saat anda berkunjung ke Malang. 


Berikut beberapa makanan di Malang yang bisa disandingkan dengan ketupat menjadi menu spesial di momen masa lebaran hingga hari ke tujuh. 


1. Orem Orem


Orem-orem merupakan masakan kuliner Jawa dari Kota Malang. Hidangan tersebut berbahan dasar irisan tempe dan ayam yang dimasak bersama kuah santan kental.


Penyajiannya adalah dengan ketupat iris yang diberi tauge. Kemudian disiram kuah sayur kuah santan berwarna kuning.


Penampilan dan rasa kuah orem-orem tidak terlalu berbeda dengan sayur lodeh dengan rasa sedikit pedas. Cara menikmatinya bisa dengan ditambah kecap manis dan sambal sesuai selera.


2. Tahu Telur


Selanjutnya, ada tahu telur. Tahu telur menjadi menu primadona masyarakat Kota Malang.


Makanan khas Malang ini telah melegenda sejak puluhan tahun lalu. Sekilas, tahu telur khas Malang mirip dengan tahu tek khas Surabaya.


Yang membedakan adalah, bumbu tahu telur khas Malang dicampur kacang tumbuk dan kecap manis. Setelah itu disajikan bersama tahu goreng, tauge, dan kerupuk kanji.


Tahu telur khas Malang memiliki cita rasa yang cenderung manis. Sementara tahu tek khas Surabaya cenderung memiliki cita rasa gurih yang berasal dari petis.



3. Lontong Empok


kuliner tradisional Malang salah satunya nasi jagung dengan isian sayur dikemas urap-urap, ikan asin goreng, tempe mendol, dan peyek.


Tidak ada salahnya mengganti nasi jagung menjadi ketupat meski unsur jagungnya tidak disatukan. Dapat juga jagung butiran diremah secara terpisah.


4. Sate Kelinci


Bagi beberapa orang, sate kelinci termasuk kuliner ekstrem karena daging hewan bertelinga panjang itu tak biasa disantap.


Namun di daerah-daerah dataran tinggi, makanan ini cukup mudah ditemui. Di dataran tinggi Kabupaten Malang hingga Kota Batu.


Seporsi sate kelinci biasanya terdiri dari sepuluh tusuk daging dengan potongan kecil-kecil yang sekilas mirip sate ayam. Sate merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang cocok disajikan dengan ketupat.


5. Bakso Malang


Pertama, bakso khas Malang, salah satu kuliner khas Malang yang paling dikenal dan digemari. Bakso khas Malang memiliki ragam isi yang lebih banyak daripada bakso di kota lain.


Selain bakso halus yang lebih sering disebut pentol, ada pula bakso urat atau pentol kasar, gorengan pangsit panjang, dan gorengan pangsit mekar,


Juga ada goreng bulat, aneka jerohan seperti babad, usus sapi maupun balutan usus ayam, kikil, dan mie, serta tahu. Selain itu biasanya disajikan lontong sebagai teman makan bakso.


Nah, di momen lebaran, peran lontong dapat diganti dengan ketupat. Bakso semakin terasa nikmat jika disajikan dengan dengan ketupat.


Itulah 5 makanan yang bisa dimakan menggunakan ketupat pada momen spesial lebaran 2023 


×
Berita Terbaru Update