5 Bahan Pengganti MSG Ini Buat Masakan Tetap Gurih, Nikmat dan Sehat -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

5 Bahan Pengganti MSG Ini Buat Masakan Tetap Gurih, Nikmat dan Sehat

Selasa, 07 Maret 2023 | 19.54.00 WIB Last Updated 2023-03-07T12:54:00Z

Ilusterasi makanan tanpa MSG/Freepik

POJOKINSPIRA.COM -- Penyedap rasa yang identik dengan MSG atau micin adalah hal yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia terutama yang biasa memasak untuk mendapatkan rasa yang gurih dan nikmat. 


Namun demikian, banyak dari masyarakat yang kuatir akan efek samping dari penggunaan MSG atau micin sehingga penyedap rasa alternatif non MSG pun menjadi pilihan untuk tetap mendapatkan cita rasa yang nikmat dari masakannya. 


Kendati demikian, tidak semua orang mengetahui penggunaan penyedap rasa non MSG pada masakan untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat namun tetap sehat. 


Berikut 5  bahan masakan pengganti MSG atau micin agar masakan tetap gurih, nikmat dan sehat dikutip pojokinspira.com dari berbagai sumber 


1. Kaldu Sapi

Kaldu Sapi/Freepik


Anda mungkin kerap melihat bumbu instan kaldu sapi. Namun untuk mendapatkan rasa terbaik dan yang lebih sehat, akan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri.


Kaldu sapi dapat dibuat dengan merebus tulang sapi. Rebusan ini bisa digunakan untuk beberapa hari ke depan selama disimpan dengan benar.



2. Keju Parmesan

Keju Permesan/Freepik


Olahan susu fermentasi ini rupanya juga bisa menjadi bahan pengganti MSG. Pastikan Anda menggunakan bagian paling luar keju parmesan. Sebab, di sanalah rasa umami paling banyak tercipta. Cobalah untuk mengganti MSG dengan keju parmesan dalam sup, semur, dan salad.


3. Ikan Teri

Ikan teri/Freepik


Bahan pengganti MSG yang lebih sehat selanjutnya adalah ikan teri. Jenis ikan ini memiliki rasa asin yang kuat. Anda sebaiknya mengurangi penggunaan garam saat memakai ikan teri sebagai pengganti MSG. Supaya lebih mudah, belilah ikan teri yang sudah dalam bentuk bubuk sehingga baunya tidak tercium lagi.



4. Saus Tiram

Saus Tiram/Freepik


Rasa gurih micin juga bisa Anda dapatkan pada saus tiram. Bahan pengganti satu ini cocok bagi Anda yang menginginkan perpaduan antara rasa asin, manis, dan pedas. Saus tiram bisa digunakan untuk menggantikan MSG terutama di makanan berkuah seperti sup atau semur.


5. Kecap Asin

Kecap Asin/Freepik


Bahan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini tinggi akan natrium sekaligus protein dan rasa yang umami. Oleh karena itu, kecap asin bisa menjadi salah satu bahan pengganti MSG supaya makanan lebih sehat.


Namun pastikan Anda tidak menggunakan kecap asin terlalu banyak karena bahan ini tinggi akan natrium.



Demikian penjelasan 5 bahan masakan pengganti MSG atau micin agar masakan tetap gurih, nikmat dan sehat. Semoga bermanfaat 


×
Berita Terbaru Update