Sejarah Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Sejarah Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab

Rabu, 01 Februari 2023 | 21.22.00 WIB Last Updated 2023-02-01T14:24:07Z

Ilustrasi Sejarah Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhamad SAW/Freepik

POJOKINSPIRA.COM -- Sejarah peringatan Isra' Mi'raj adalah sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW saat malam hari dari Masjidil Haram, ke Majidil Aqsa di Yerusalem yang kemudian berlanjut naik ke Sidratul Muntaha. 


Peristiwa Isra' Mi'raj terjadi pada 27 Rajab sekitar tahun 621 Masehi dengan mengendarai Buraq. Buraq sendiri digambarkan memiliki tubuh seperti kuda putih dengan sayap dan ekor burung merak.


Peristiwa Isra Miraj diabadikan dalam Al-Quran, Surat Al Isra ayat 

1: 


سُبْحٰانَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ


“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. (QS. Al Isra:1).


Saat Nabi Muhammad SAW melanjutkan perjalanannya ke Sidratul Muntaha atau langit ke tujuh melalui Miraj dan diberikan wahyu oleh Allah SWT berupa perintah menjalankan sholat 5 waktu, jumlah puasa yang dilakukan dalam satu bulan, wahyu tentang zakat, serta haji dan umrah.


Selain itu, dalam perjalanan naik ke Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad SAW  bertemu dengan para Nabi di setiap langitnya, antara lain:


1. Nabi Adam di langit pertama


2. Nabi Isa dan Yahya di langit kedua


3. Nabi Yusuf di langit ketiga


4. Nabi Idris di langit keempat


5. Nabi Harun di langit kelima


6. Nabi Musa di langit keenam



7. Nabi Ibrahim di langit ketujuh


Menuju Sidratul Muntaha


Saat berada di Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad SAW tidak bisa berkata-kata melihat keindahan. 


Selama perjalanannya, Nabi Muhammad SAW dihadapkan dari berbagai godaan seperti ditawari meminum khamr atau susu. Nabi Muhammad SAW juga diganggu oleh setan, iblis, dan perempuan penggoda selama perjalannya.


Peringatan Isra Miraj diperingati oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk memperingatinya seperti pengajian bersama, perlombaan, hingga aktivitas-aktivitas agama di lingkungan masyarakat.


Demikian sejarah peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, semoga bermanfaat. 


Wallau A'lam Bis Showab 


×
Berita Terbaru Update