Intip Sejarah Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Lokasi puncak Resepsi 1 Abad NU -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Intip Sejarah Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Lokasi puncak Resepsi 1 Abad NU

Sabtu, 04 Februari 2023 | 17.13.00 WIB Last Updated 2023-02-04T10:13:44Z

Stadion Gelora Delta Sidoarjo terpilih menjadi pusat agenda perayaan puncak resepsi 1 Abad NU (7/2/23)/Istimewa

POJOKINSPIRA.COM -- Stadion Gelora Delta Sidoarjo menjadi tempat Perayaan puncak resepsi 1 Abad NU pada 16 Rajab 1444 H atau (7/2/23). 


Pengurus Besar Nahdhatul Ulama atau PBNU memutuskan Gelora Delta Sidoarjo menjadi tempat perayaan yang diprediksi akan dihadiri jutaan jemaah Nahdliyyin dari seluruh pelosok tanah air. 


Berbagai kegiatan akan digelar pada momen yang rencana akan berlangsung selama 24 jam non stop. 


Berikut sejarah singkat Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang pojokinspira.com lansir dari NU Online Sabtu (4/2/23). 


Stadion Gelora Delta Sidoarjo merupakan bagian dari Gelanggang Olahraga (GOR) yang merupakan pusat tempat olahraga yang lokasinya terletak di tengah kota Sidoarjo. Tempat ini sering dijadikan tempat untuk wisata untuk masyarakat yang berada di Sidoarjo.


Selain terdapat Stadion Gelora Delta Sidoarjo, terdapat juga sejumlah fasilitas di antaranya Lapangan Serbaguna Indoor, Kolam Renang, Sasana Tinju, Jogging Track, dan Lapangan Tenis. 


GDS memiliki fasilitas parkir yang sangat luas yang mampu menampung banyak kendaraan hingga nyaman untuk menggelar kegiatan besar. Akses menuju lokasi ini juga terbilang sangat mudah karena dekat dengan exit tol Sidoarjo.


GDS atau Gelora Delta Sidoarjo didirikan pada tahun 1984 atas inisiasi Bupati Sidoarjo saat itu, Sugondo, diawali dengan didirikannya kolam renang. 


Pembangunan dilanjutkan dengan didirikannya lapangan tenis pada 1986, gedung serbaguna pada 1987, dan lapangan bola pada 1999. GDS pernah digunakan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XV 2000 Jawa Timur. Peresmian GDS bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XV dan diresmikan oleh Presiden RI yang saat itu dijabat BJ Habibie.


Pengelola GOR Gelora Delta ini menaungi lapangan sepakbola Gelora Delta Sidoarjo yang menjadi markas untuk tim Deltras Sidoarjo, dengan kapasitas 35.000 penonton. 


Stadion ini dinamakan Delta diambil karena Kabupaten Sidoarjo dikelilingi Sungai Berantas dan laut Jawa. Hal ini diputuskan melalui surat keputusan (SK) Bupati Sidoarjo Nomor 110 Tahun 1998. 


Selain momentum olahraga yakni PON, GDS juga pernah digunakan untuk berbagai ajang akbar seperti kegiatan istoghotsah akbar yang dihadiri oleh ratusan ribu warga Nahdlatul Ulama (NU) pada 2017. Dan pada tahun 2023 ini, Gelora Delta Sidoarjo kembali menjadi tempat kegiatan akbar yang akan tercatat dalam sejarah perjalanan yakni perayaan puncak resepsi 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama.


Acara akbar ini juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo serta ratusan ulama dari luar negeri. 

×
Berita Terbaru Update