8 Cara Membuat Kulit Kencang dan Awet Muda dengan Pola Makan yang Baik, No 6 Cukup Seduh Air Panas -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

8 Cara Membuat Kulit Kencang dan Awet Muda dengan Pola Makan yang Baik, No 6 Cukup Seduh Air Panas

Kamis, 23 Februari 2023 | 22.56.00 WIB Last Updated 2023-02-23T15:56:36Z

Ilustrasi perempuan dengan kulit kencang dan awet muda/Freepik

POJOKINSPIRA.COM -- Terlihat cantik dengan tubuh berkulit kencang dan awet muda adalah idaman setiap orang. Maka tidak heran banyak orang terutama wanita melakukan berbagai perawatan untuk menghasilkan tubuh yang ideal. 


Munculnya berbagai brand skin care  adalah bagian dari jawaban terhadap banyaknya keinginan kaum hawa untuk mendapatkan kulit yang kencang, awet muda dan tubuh yang ideal. 


Namun demikian, selain perawatan dari luar penting juga diperhatikan kebiasaan dan makanan yang masuk dalam tubuh agar kulit selalu kencang dan awet muda. 


Berikut 8 cara membuat kulit kencang dan awet muda dengan makanan dikutip pojokinspira.com dari berbagai sumber.  


1. Konsumsi Lebih Banyak Sayuran Berwarna Oranye

Ilustrasi sayuran berwarna oranye/Freepik

Mengonsumsi lebih banyak sayuran berwarna oranye dapat membuat kulit kencang dan lebih awet muda.


Sayuran berwarna oranye kaya akan beta karoten, yang sangat penting untuk mata dan kulit. Beta karoten sendiri mengandung vitamin A yang dapat membuat kulit tampak sehat.


Karena itu, konsumsilah lebih banyak sayuran berwarna oranye seperti wortel, labu, ubi jalar, dan paprika untuk membantu kesehatan kulit secara keseluruhan.


2. Makan Ikan Salmon

Ilustrasi Ikan Salmon/Freepik

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dengan lemak tak jenuh ganda tersebut, tubuh dapat memiliki kesehatan jantung yang sehat, kesehatan mata, kesehatan otak, produksi hormon, fungsi kekebalan tubuh, serta dukungan jantung dan paru-paru.


Menurut Pusat Informasi Mikronutrien di Oregon State University, asam lemak tak jenuh ganda dapat memainkan peran penting dalam fungsi dan penampilan kulit normal. Selain itu, salmon juga mengandung dimethylaminoethanol (DMAE) yang meningkatkan kesehatan kulit dengan melindungi membran sel.


3. Sarapan dengan Oatmeal 

Ilustrasi sarapan dengan Oatmeal/Freepik


Mulailah harimu dengan sarapan pagi bersama oatmeal. Tak hanya kaya akan serat, tetapi oat juga dapat memberi makan bakteri anti-inflamasi yang baik di ususmu. Tanpa bakteri ini, lonjakan kadar gula darah pasti akan terjadi bersamaan dengan masalah kulit. 


Dengan memiliki jumlah oat yang baik dalam pola makan, maka hal ini dapat memperkuat dan mengencangkan jaringan tubuh. Terutama karena memiliki kadar silikon yang tinggi,  yang menurut penelitian terbukti membantu mempertahankan elastisitas kulit.



4. Lengkapi Makanan dengan Alpukat

Buah Alpukat/Freepik


Tak ada salahnya jika kamu melengkapi makananmu dengan alpukat. Karena alpukat dapat membuat kulitmu kencang dan awet muda.


Menurut Healthline, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang telah terbukti melembapkan dan melindungi kulit dari penuaan dini akibat radiasi UV, sekaligus membantu elastisitas kulit dan munculnya kerutan.


5. Camilan Buah Beri dan Cokelat Hitam

Buah Beri/Freepik


Jadikan camilan sehatmu berupa buah beri dan cokelat hitam. Karena buah beri dan cokelat hitam juga mengandung antioksidan yang tinggi, tetapi antioksidan ini disebut Flavanol. Flavanol dapat melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari.


Di samping itu, buah beri dan cokelat hitam juga kaya akan serat makanan, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. 


6. Nikmati Pasta dengan Saus Tomat

Ilustrasi pasta dengan saos tomat/Freepik

Jika kamu berencana untuk membuat pasta dengan saus berbasis tomat, maka hal ini dapat membantumu untuk mendapatkan kulit yang terlihat lebih muda. Pasalnya, fitokimia yang membuat tomat berwarna merah sebenarnya dapat membantu meningkatkan kekuatan kolagen pada kulit.


Sebuah studi oleh para peneliti dari Universitas Manchester dan Newcastle menemukan, bahwa produk tomat dapat melawan sengatan matahari dan kerutan.



7. Memasak dengan Minyak Zaitun


Minyak Zaitun/Freepik

Minyak zaitun sebenarnya memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat melindungi kulit? Bahkan studi juga menunjukkan bahwa minyak zaitun benar-benar dapat membuat kulit terlihat lebih muda.


Sebagian dari itu mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang terbukti meningkatkan elastisitas kulit. Mengingat akan manfaatnya, kamu bisa mencoba memasak dengan menggunakan minyak zaitun!


6. Minum Teh Hijau

Teh Hijau/Freepik


Teh hijau penuh dengan kandungan antioksidan, sehingga sangat membantu dalam melindungi kolagen kulit. Teh hijau mengandung antioksidan (polifenol) yang memiliki sifat antiradang dan antikanker.


Disamping itu, teh hijau juga mengandung kafein, sehingga dapat menjadi minuman alternatif sebagai pengganti kopi. Sebuah studi dari Internasional Journal for Vitamin and Nutrition Research menunjukkan, bahwa teh hijau terbukti dapat menunda penuaan kolagen.


Demikian 8 cara membuat kulit kencang dan awet dengan makanan semoga bermanfaat 


×
Berita Terbaru Update