6 Jenis Makanan Tingkatkan Hormon Estrogen, Wanita Hamil Wajib Tau Ini -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

6 Jenis Makanan Tingkatkan Hormon Estrogen, Wanita Hamil Wajib Tau Ini

Kamis, 02 Februari 2023 | 08.09.00 WIB Last Updated 2023-02-02T01:09:44Z

Ilustrasi wanita hamil sedang konsumsi sayuran/Freepik

POJOKINSPIRA.COM -- Simak 6 Jenis makanan berikut ini karena mampu meningkatkan hormon estrogen pada wanita. 


Diketahui bahwa, hormon estrogen memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh wanita. Yakni berfungsi hormon estrogen di antaranya mengatur kinerja sistem reproduksi, meningkatkan peluang kehamilan, hingga menunjang perkembangan organ janin di dalam kandungan. 


Namun demikian, sebenarnya hormon estrogen bisa diproduksi secara alami oleh tubuh dalam kadar yang berbeda-beda. 


Sementara wanita yang tengah merencanakan kehamilan atau tengah hamil umumnya membutuhkan lebih banyak hormon ini. 


Maka penting bagi wanita yang sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan untuk memperhatikan jenis makanan yang di konsumsi, karena ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan hormon estrogen pada wanita. 


Berikut 6 jenis makanan yang bisa meningkatkan hormon estrogen pada wanita yang pojokinspira.com kutip dari berbagai sumber : 


1. Sayuran 

Sayuran/Freepik

Mengonsumsi sayuran sudah terbukti bisa memberi manfaat untuk kesehatan, karena banyak mengandung serat. Namun ternyata, jenis makanan yang satu ini juga bisa membantu meningkatkan hormon pada wanita. Beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi untuk menambah kadar estrogen adalah brokoli, kubis, atau kol. 


2. Kacang Kedelai 

Kacang kedelai/Freepik

Salah satu makanan yang bisa meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh adalah kacang kedelai. Kandungan protein dan isoflavon dalam makanan ini bisa bekerja, seperti hormon estrogen alami. Selain kacang kedelai, kamu juga bisa mengonsumsi edamame yang memiliki kandungan nutrisi serupa. 


3. Buah Kering 

Buah kering/Freepik

Beberapa jenis buah kering, seperti kurma atau kismis bisa menjadi camilan pilihan untuk meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Pasalnya, buah kering ini memiliki cukup banyak kandungan fitoestrogen. Tak hanya itu, jenis makanan yang satu ini juga banyak mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.


4. Flaxseed 

Flaxeed/Freepik

Flaxseed merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak mengandung estrogen. Selain itu, jenis makanan ini juga kaya akan serat, sehingga baik untuk pengidap kolesterol tinggi serta gangguan pencernaan. Flaxseed bisa dicampur ke dalam salad atau dikonsumsi bersama yoghurt.


5. Bawang Putih 

Bawang putih/Freepik

Siapa sangka, bahan makanan yang satu ini ternyata juga bisa meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Wanita yang banyak mengonsumsi makanan berbahan bawang putih disebut memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami kekurangan hormon estrogen. 


6. Tempe dan Tahu 

Tahu tempe/Freepik

Kacang kedelai disebut bisa membantu mencegah tubuh kekurangan estrogen. Tempe dan tahu merupakan jenis olahan yang cukup populer dari kacang kedelai. Kedua makanan ini memiliki kandungan isoflavon yang cukup tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Tak hanya itu, kedua makanan ini juga kaya akan prebiotik, vitamin, dan mineral, sehingga baik untuk dikonsumsi. 


Demikian informasi 6 jenis makanan yang bisa meningkatkan hormon estrogen pada wanita, semoga bermanfaat. 


×
Berita Terbaru Update