4 Cara Merawat Bayi Sejak Lahir Agar Gemuk dan Sehat, Ibu Muda Harus Tau Ini -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

4 Cara Merawat Bayi Sejak Lahir Agar Gemuk dan Sehat, Ibu Muda Harus Tau Ini

Senin, 13 Februari 2023 | 11.55.00 WIB Last Updated 2023-02-13T04:55:19Z

Ilustrasi Bayi dengan tubuh gemuk dan sehat/Freepik 

POJOKINSPIRA.COM -- 4 cara merawat bayi sejak lahir agar tumbuh menjadi bayi yang gemuk dan sehat  mungkin saat ini adalah artikel yang sedang Anda cari terutama buat ibu muda yang mempunyai anak baru lahir. 


Memiliki anak yang tumbuh gemuk dan sehat adalah dambaan setiap orang tua, apalagi kehadiran sibuah hati biasanya menjadi penghibur dikala sepi. 


Namun tidak jarang, banyak orang tua yang masih bingung bahkan tidak mengerti cara merawat bayi untuk tumbuh gemuk dan sehat. 


Berikut 4 cara merawat bayi agar gemuk dan sehat seperti dikutip pojokinspira.com dari berbagai sumber. 


1. Memberikan ASI Eksklusif

ASI adalah sumber makanan alami yang akan menunjang tumbuh kembang buah hati Ibu. Untuk bayi yang baru lahir berikan ASI eksklusif setidaknya 2 jam sekali. 


ASI eksklusif maksudnya memberikan asupan ASI saja tanpa tambahan apapun.


Memberikan ASI eksklusif pada bulan pertama hingga ketiga baik untuk mendongkrak berat badan anak. Namun, sayang tidak selamanya produksi ASI lancar,  karena itulah Ibu perlu memastikan makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk tetap terpenuhi.


2. MPASI

MPASI atau Makanan Pendamping ASI adalah jenis makanan yang diberikan pada bayi untuk melengkapi asupan nutrisi yang didapatkan bayi sebelum menginjak usia 1 tahun. 


MPASI diberikan pada bayi setelah usia 6 bulan karena pada usia tersebut ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi


MPASI menjadi asupan makanan bayi 7 bulan agar bayi cepat gemuk. MPASI yang baik haruslah memiliki kandungan nutrisi lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, dan lemak. 


Agar bayi tidak mudah bosan Ibu bisa memasak menu yang berbeda tiap harinya. Seperlu mengetahui ada tidaknya alergi pada anak ada baiknya Ibu juga melakukan tes alergi dengan memantau bahan-bahan apa saja yang digunakan.


3. Jadwal Makan Teratur

Kunci dari berat badan yang naik adalah jadwal makan teratur. Misalnya pukul 06.00 bayi diberikan ASI, pukul 09.00 sarapan dengan MPASI sebanyak 2-3 sendok makan (porsi ini bisa disesuaikan dengan usia anak), pukul 12.00 minum ASI, pukul 15.00 MPASI seperti menu pagi, pukul 18.00 sari buah agar anak cepat gemuk, dan pukul 21.00 bisa memberikan ASI kembali hingga anak kenyang dan tidur. 


Selama anak tertidur pulas Ibu tidak perlu membangunkannya. Akan tetapi, jika anak bangun tengah malam Ibu bisa memberikan ASI tambahan. Jadwal makan yang teratur ini penting. Karena jika jadwal makan mundur, maka jam tidur juga akan mundur.


Jika anak mengalami momen susah makan, tidak perlu memaksa anak makan. Melewati waktu makan tanpa makan akan melatih anak mengenal rasa lapar dan lebih menghargai jam makan. 


4. Memberikan Waktu Istirahat Cukup

Bayi Ibu membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar tumbuh sehat dan gemuk. Waktu tidur bayi berkisar 16-18 jam per harinya. 


Bila waktu tidur bayi kurang, tidak jarang bayi akan rewel dan susah makan yang berakibat pada penurunan berat badannya.


Itulah 4 cara merawat bayi sejak lahir agar gemuk dan sehat semoga bisa bermanfaat. 




×
Berita Terbaru Update