10 Rekomendasi Makanan dan Minuman Saat Penghujan Tiba, No 2 Favorit Banget Rek -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

10 Rekomendasi Makanan dan Minuman Saat Penghujan Tiba, No 2 Favorit Banget Rek

Selasa, 21 Februari 2023 | 17.11.00 WIB Last Updated 2023-02-21T10:11:31Z

Ilustrasi Bakso/Foto: Freepik


POJOKINSPIRA.COM -- Musim hujan yang masih menghiasi sebagian daerah Indonesia, membuat sebagian masyarakat ingin menghabiskan dinginnya hujan dengan camilan berupa makanan dan minuman untuk sekedar menghangatkan tubuh. 


Banyak makanan dan minuman yang bisa menjadi teman kala penghujan tiba untuk sekedar sebagai penghangat  kala udara mulai dingin 


Berikut rekomendasi 10 Makanan dan minuman sebagai penghangat saat hujan tiba yang dikutip pojokinspira.com dari berbagai sumber : 


1. Wedang ronde

Ilustrasi minuman ronde/Foto: Freepik


Umumnya, ronde dihidangkan di malam hari. Selain di malam hari, ronde juga bisa disajikan saat hujan.


Seporsi wedang ronde bisa menghangatkan tubuh dan tenggorokan. Jahe yang ada di dalamnya juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat cuaca ekstrem melanda.


Penganan tradisional ini berisi olahan tepung ketan yang dibentuk bulat warna-warni dan diisi gula merah, kemudian disiram dengan kuah jahe manis panas dan kacang tanah.


2. Bakso

Ilustrasi bakso/Foto: Freepik


Bakso jadi salah satu jajanan yang disukai banyak orang. Bakso biasanya hadir dengan kuah yang hangat dan gurih. Semangkuk bakso saat hujan bisa membantu menghangatkan tubuh.


3. Tekwan


Ilustrasi tekwan/Foto:Freepik

Hidangan khas Palembang ini merupakan makanan yang banyak dicari ketika suhu sedang dingin.


Tekwan berasal dari bahan dasar yang sama dengan pempek, yakni ikan tenggiri dan sagu. Bedanya, tekwan disajikan dalam kuah kaldu udang yang gurih, mirip seperti bakso.


4. Mi rebus

Ilustrasi mi rebus/Foto: Freepik


Aneka mi rebus yang masih panas dan mengepul menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dimakan saat musim hujan. Anda bisa menggunakan mi instan atau mi telur dan dimasak sendiri.


Agar semakin lengkap, mi bisa disajikan dengan tambahan telur, bakso, ayam, dan sayur yang membuat olahan hangat ini jadi lebih bergizi.


5. Teh lemon panas

Ilustrasi teh lemon panas/Foto: Freepik


Kaya akan vitamin C, lemon tea atau teh lemon adalah salah satu minuman yang akan memberikan sensasi hangat di tenggorokan Anda.


Selain itu, kandungan vitamin C pada lemon juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit.


Anda bisa mencoba untuk menyeduh teh seperti biasa dan tambahkan sedikit perasan lemon ke dalamnya. Tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa.


6. Bajigur-bandrek

Ilustrasi Bajigur atau Bandrek/Foto: Freepik


Anda juga bisa menjadikan bajigur serta bandrek dalam daftar makanan dan minuman saat hujan ini.


Kedua minuman ini berasal dari Jawa Barat. Keduanya biasa disajikan dalam kondisi hangat atau panas.


Bajigur adalah minuman yang terbuat dari gula aren dan santan. Sementara bandrek terbuat dari jahe dan gula merah. Kehadiran jahe membuat minuman satu ini sangat cocok diminum saat hujan.


7. Cappuccino

Ilustrasi Cappocino/Foto:Freepik


Jika Anda seorang penikmat kopi, maka secangkir cappuccino hangat bisa jadi pilihan tepat saat hujan.


Cukup seduh sedikit bubuk kopi, gula, dan susu berbusa. Sajikan dalam keadaan hangat atau panas.


8. Sup

Ilistrasi Sup/Foto:Freepik


Kuah kaldu yang dicampur dengan rempah ampuh meningkatkan suhu tubuh saat hujan. Sup bisa dinikmati sendiri atau disantap bersama nasi.


Ragam pilihan sup mulai dari sup ayam hingga sup buntut cocok dilahap di musim hujan yang dingin.


9. Soto

Ilustrasi Soto/Foto: Freepik


Indonesia punya banyak macam sajian soto. Soto Lamongan bisa dibilang jadi salah satu jenis soto yang paling mudah didapat.


Cita rasa gurih yang hadir ditambahkan dengan kuah hangat menjadi soto jadi makanan yang cocok dikonsumsi saat hujan. Agar lebih segar, Anda bisa memberikan perasan jeruk nipis pada semangkuk soto Lamongan.



10. Cokelat panas

Ilustrasi coklat panas/Foto: Freepik


Cokelat panas juga bisa jadi pilihan untuk membuat tubuh tetap hangat di musim hujan.


Rebuslah susu, tambahkan bubuk cokelat, serta beberapa batang dark chocolate. Campurkan semua bahan dan sajikan dalam cangkir dengan beberapa marshmallow di atasnya agar minuman cokelat panas lebih nikmat.


Demikianlah 10 rekomendasi makanan dan minuman saat hujan untuk sekedar menghangatkan tubuh sembari menikmati rintik hujan. Semoga bermanfaat 


×
Berita Terbaru Update