Tanggal 20 Januari 2023 Ada Dua Peringatan Hari Besar, Apa Saja Ya? -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tanggal 20 Januari 2023 Ada Dua Peringatan Hari Besar, Apa Saja Ya?

Rabu, 18 Januari 2023 | 22.00.00 WIB Last Updated 2023-01-18T15:06:54Z

Ilustrasi Hari Penerimaan Internasional/Freepik

POJOKINSPIRA.COM -- Tanggaln 20 Januari 2023 diperingati sebagai dua peringatan hari besar, apa saja ya? Untuk itu sebaiknya anda baca ulasan berikut terkait hari penting di tanggal 20 Januari 2023. 


Tanggal 20 Januari 2023 bertepatan dengan hari Jumat yang dalam ajaran Islam adalah pelaksanaan shalat Jumat, dan umat hindu juga merayakan hari Siwaratri. 


Sementara masyarakat Internasional merayakan tanggal 20 Januari 2023 sebagai Hari Penerimaan Internasional  


1. Hari Penerimaan Internasional


Hari Penerimaan Internasional atau The International Day of Acceptance diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Januari.

 

Adapun Hari Penerimaan Internasional diciptakan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penerimaan sosial terhadap para penyandang disabilitas.


Selain itu juga sebagai dedikasi untuk menghormati Annie Hopkins, seorang advokat, pengusaha dan seniman yang menciptakan simbol penerimaan. Simbol penerimaan terdiri dari kursi roda berbentuk hati.


Simbol ini menyatukan orang-orang dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dengan mendidik masyarakat tentang pentingnya merangkul keragaman.


2. Hari Siwaratri


Hari Sirawatri adalah perayaan tahunan umat Hindu. Siwaratri merupakan hari suci untuk melakukan pemujaan terhadap Hyang Widhi dalam wujud Dewa Siwa.


Siwaratri berasal dari kata Siwa yang artinya Tuhan atau dalam bahasa sansekerta berarti baik hati, harapan dan memaafkan, dan Ratri yang berarti malam atau kegelapan.


Jika digabungkan, Siwaratri bermakna puncak malam. Siwaratri juga mengandung makna sebagai malam renungan suci atau malam pengampunan dosa.


Pada hari ini, umat Hindu melaksanakan kegiatan yang mengarah pada usaha penyucian diri.


Sebagai malam perenungan, umat Hindu diimbau untuk melakukan instrospeksi diri atas perbutan yang dilakukan selama ini dan memohon diberi tuntunan agar dapat keluar dari perbutan dosa.


Sehari sebelum malam Siwaratri, umat Hindu melaksanakan beberapa ritual atau brata.


Pada malam puncak atau malam Siwaratri, umat Hindu tidak boleh tidur dan diwajibkan untuk melakukan serangkaian kegiatan keagamaan.


Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan pada malam Siwaratri di antaranya Monabrata atau berdiam diri dan tidak berbicara, Mejagra atau tidak tidur selama semalaman dan Upawasa atau tidak makan dan tidak minum (puasa).

Demikian penjelasan terkait 2 peringatan penting pada tanggal 20 Januari 2023. 


×
Berita Terbaru Update