Tak Disangka Hampir Satu Abad, Ini Sejarah Kelenteng Eng An Kiong di Kota Malang -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tak Disangka Hampir Satu Abad, Ini Sejarah Kelenteng Eng An Kiong di Kota Malang

Selasa, 17 Januari 2023 | 04.21.00 WIB Last Updated 2023-01-16T21:21:22Z

Kelenteng Eng An Kiong/Istimewa


POJOKINSPIRA.COM -- Hampir satu abad, Kelenteng Eng An Kiong di Kota Malang adalah Kelenteng tertua yang menjelang Imlek 2023 ini banyak kegiatan  hingga saat ini aktif melayani ummat perlu kita ulik sejarah berdiri dan filosofi dibalik namanya. 


Kelenteng Eng An Kiong adalah salah satu bangunan tertua di Kota Malang yang terdaftar sebagai salah satu bangunan cagar budaya. 


Klenteng Eng An Kiong sendiri berdiri pada tahun 1825 dan didirikan oleh Liutenant Kwee Sam Hway dengan dua periode, yaitu ruangan tengah yang dibangun pada 1825. Sementara bangunan lainnya dibangun pada 1895 hingga 1934.


Adapun filosofis historis dibalik nama klenteng Eng An Kiong ini adalah bahwa sebagai tempat ibadah Klenteng ini merupakan istana keselamatan dalam keabadian Tuhan dan merupakan persembahan kepada Dewa Bumi. 


Sementara untuk bisa membedakan klenteng Eng An Kiong dapat dilihat dari ciri khas dan simbol warna bangunan yang didominasi warna merah dan kuning. 


Merah memiliki makna kehidupan, kebahagiaan dan keberanian. Sedangkan kuning memilik makna keagungan.


Selain itu ada ornamen lainnya yaitu  naga yang merupakan simbol dari keperkasaan. Hingga saat ini, hampir 90 persen struktur bangunan dan ornamen di Kelenteng Eng An Kiong masih terjaga keasliannya. Termasuk tiang-tiangnya yang masih kokoh sejak awal berdiri.


Kelenteng yang berdiri kokoh dengan usia hampir satu abad ini berada di Jalan Laksamana Martadinata Nomor 1 Kotalama Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur. 


×
Berita Terbaru Update