Mengenal 10 Jenis Kopi Terfavorit di Dunia dari Asia hingga Afrika, Malang Masuk Tidak Ya? -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Mengenal 10 Jenis Kopi Terfavorit di Dunia dari Asia hingga Afrika, Malang Masuk Tidak Ya?

Rabu, 11 Januari 2023 | 07.51.00 WIB Last Updated 2023-01-11T00:51:41Z

Ilustrasi kopi dalam cangkir/Freepik

POJOKINSPIRA.COM -- 10 jenis kopi paling favorit di dunia dari Asia hingga Afrika berikut ini adalah jenis kopi yang sangat banyak menjadi buruan para penikmat kopi. 


Setiap jenis kopi tentu mempunyai cita rasa sendiri tergantung jenis kopi yang dikonsumsi. Termasuk pengaruh tekstur tanah dimana kopi tumbuh. 


Di Indonesia, dengan luas teritori dan banyaknya kepulauan, menghasilkan beragam jenis kopinya. Mulai dari kopi Aceh hingga Papua, jawa dan sulawesi yang mempunyai nama dan cita rasa yang berbeda. 


Begitu juga di dunia, setiap negara juga mempunyai cita rasa dan perbedaan cita rasa dan aroma kopi yang berbeda, dari benua Amerika, Afrika, hingga Asia mempunyai ciri khasnya masing-masing.


Berikut 10 jenis kopi favorit dunia dari Asia hingga Afrika yang pojokinspira.com rangkum untuk Anda. 


1. Hawaii Kona Coffee


Hawaii Kona adalah kopi dengan jenis arabika yang dibudidayakan di lereng Hualalai dan Mauna Loa, yang terletak di pulau Hawaii. 


Hawaii Kona Coffee adalah salah satu kopi termahal di dunia, karena  jenis kopi ini hidup di kondisi cuaca dimana pagi hari matahari bersinar cerah, sore yang berawan, berangin, hujan ringan, dan malam yang tenang. 


Kopi terenak di dunia ini tumbuh di tanah vulkanik yang kaya akan mineral. Hawaii Kona dikenal dengan rasa yang kaya namun bertekstur ringan dengan aroma yang khas.


2. Guatemala Antigua Coffee


Kopi Guatemala Antigua tumbuh di dataran dengan ketinggian lebih dari 4.600 meter di atas permukaan laut. 


Kelas dari biji kopi guatemala antigua yang dikenal sebagai Strictly Hard Bean dan termasuk dalam varietas kopi Arabica Catuai, Arabica Caturra, dan Arabica Bourbon. 


Antigua menunjukkan kualitas kopi Guatemala khas dengan rasa pedas dan tekstur yang lembut. Kopi ini adalah kopi premium luar biasa di mana saat kamu menyeduhnya, akan menghasilkan aroma yang menenangkan.


3. Java Coffee Amstirdam


Java Coffee Amstirdam adalah salah satu kopi terbaik di dunia yang berasal dari Indonesia. Java Coffee Amsterdam adalah kopi yang tumbuh di tanah Jawa, tepatnya di kaki Gunung Semeru, Jawa Timur.  


Kopi di kawasan tersebut lebih dikenal dengan istilah Kopi Amstirdam. Nama Amstirdam sendiri merupakan singkatan dari empat kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. 


Yakni Kecamatan Ampelgading, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo, dan Dampit. Kopi Amsterdam ini terkenal keenakannya karena tumbuh di atas bebatuan yang mengandung berbagai macam mineral. 


Kualitas Java Coffee sebagai salah satu kopi terbaik di dunia juga dikarenakan sejak abad ke 18 di Pulau Jawa sudah berdiri perkebunan kopi terbesar yang didirikan oleh pemerintahan Belanda.


4. Tanzania Peaberry Coffee


Tanzania Peaberry, kopi terbaik di dunia ini tumbuh di Gunung Semeru dan Gunung Kilimanjaro. Tanzania Peaberry adalah kopi dengan tekstur sedikit kental dan beraroma buah. 


Rasa dari kopi ini sangat kaya, campuran dari rasa kismis, coklat, pahit kopi, dan saat ditelan akan meninggalkan rasa manis. 


Berbeda dengan biji kopi lain yang umumnya memiliki 2 biji kopi, tanzania peaberry berasal dari buah yang terdiri dari satu biji kopi. 


Biasanya sebanyak 1 sampai 9 persen tanaman kopi terdiri dari biji kopi peaberry, yang sering dipisahkan dari biji kopi lainnya dan dijual dengan harga premium, karena karakteristik dan tingkatan rasa yang khas.


5. Jamaica Blue Mountain Coffee


Tumbuh di distrik Jamaica’s Blue Mountain, kopi ini sering dideskripsikan sebagai kopi terenak di dunia yang memiliki rasa sempurna. 


Jamaica blue mountain adalah kopi ringan dengan rasa manis yang lembut dan memiliki aroma coklat. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang fresh, tanpa rasa pahit sedikit pun. Biji kopi Jamaica Blue Mountain tumbuh pada ketinggian antara 3.000 – 5.500 meter di atas permukaan laut. 


Kebanyakan dari biji kopi jamaica blue mountain adalah biji utuh dalam satu buah kopi.


6. Sumatra Lintong Coffee


Sumatra Lintong tumbuh di Kabupaten Lintong Nihuta, di selatan-barat dari Danau Toba. Ini merupakan area perkebunan kopi dataran tinggi yang terkenal dengan keanekaragaman pohon pakis. 


Daerah ini menghasilkan 15.000 sampai 18.000 ton arabika per tahun. Kopi Sumatra Lintong ini juga merupakan kopi yang terkenal di dunia yang dikemas dengan perpaduan rasa pedas dan rempah-rempah. 


Kopi Sumatra Lintong yang berkualitas baik berbeda dengan kopi pada umumnya, ia memiliki keasaman yang lebih segar.


7. Mocha Java Coffee


Mocha Java adalah kopi yang merupakan percampuran antara Arabian (Yemen) Mocha dan kopi Java Arabica Indonesia. Kopi ini disebut sebagai kopi campuran tertua di dunia, menggabungkan dua kopi premium dengan karakteristik yang saling melengkapi. 


Di Indonesia sendiri, kopi ini tumbuh di daerah perbukitan lereng Menoreh. Mocha Java terdiri dari dua jenis, yaitu Mocha java Single dan Mocha Java Double dengan proses produksi yang berbeda.


8. Sulawesi Toraja Coffee


Sulawesi Toraja Coffee merupakan kopi multidimensi yang tumbuh di dataran tinggi tenggara Pulau Sulawesi, tepatnya di daerah Toraja. Toraja dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi Arabika terbaik di dunia. 


Sulawesi Toraja memiliki tekstur kopi yang kental, saat diseduh dengan air panas bubuk kopi ini akan langsung mengendap di bawah cangkir. Kopi ini memiliki keseimbangan antara rasa coklat hitam dan buah. 


Saat kamu menyeduh kopi ini dan menikmatinya tanpa gula, rasanya bukan pahit seperti kopi pada umumnya, tetapi gurih dan segar.



9. Ethiopian Harrar Coffee


Ethiopian Harrar memilik rasa pedas dan aroma yang harum. Salah satu kopi terbaik di dunia ini tumbuh di alam liar yang eksotis dan diproses secara alami. 


Ethiopian Harrar ditanam di lahan pertanian kecil di wilayah Oromia, Ethiopia Selatan, pada ketinggian antara 4.500 dan 6.300 kaki. Kopi harrar dikenal memiliki rasa keasaman wine dan buah dengan aroma harum blackberry. 


Saat dinikmati, kopi ini akan meninggalkan rasa yang tajam di lidah dan bibir.


10. Kenya AA Coffee


Kopi Kenya AA ini ditanam pada ketinggian lebih dari 6.600 meter di atas permukaan air laut, tepatnya di dataran tinggi Kenya. 


Dataran tinggi Kenya menghasilkan biji kopi dengan rasa kuat dan tingkat keasaman yang menyegarkan. Kopi Kenya AA memiliki perpaduan aroma bunga dan wine. Kopi ini disebut sebagai salah satu kopi favorit di berbagai restoran dunia. 


Setelah ditelan, kopi ini akan meninggalkan rasa jeruk dan berry yang fresh di lidah.


Demikian informasi 10 jenis kopi paling favorit di dunia dari asia hingga Afrika, semoga bermanfaat. 




×
Berita Terbaru Update