Tenang, 5 Jenis Program BLT Ini Diprediksi Tetap Cair Mulai Januari 2023 -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tenang, 5 Jenis Program BLT Ini Diprediksi Tetap Cair Mulai Januari 2023

Senin, 26 Desember 2022 | 20.05.00 WIB Last Updated 2022-12-26T13:05:56Z
Ilustrasi BLT 2023/Freepik


POJOKINSPIRA.COM -- Menjelang pergantian Tahun 2022 ke 2023, banyak yang bertanya apakah pada tahun mendatang ini program Bantuan Langsung Tunai atau BLT masih direalisasikan oleh pemerintah.


Banyak program pemerintah terkait Bantuan Langsung Tunai atau BLT seperti PKH, BPNT, PIP hingga kartu KIS dapat meringankan beban ekonomi rakyat khususnya bagi yang masih proses adaptasi pasca pandemi covid-19. 


Tentu mengingat banyaknya manfaat dari BLT ini, pemerintah sepertinya akan melanjutkan program ini, dan akan dibagikan kepada masyarakat dengan berpenghasilan rendah. 


Adapun tujuannya adalah sebagai perlindungan sosial bagi masyarakat yang memiliki NIK sudah padan di dukcapil  dan namanya ini masih terdaftar di dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).


Berikut beberapa jenis program Bantuan Tunai Langsung atau BLT yang diprediksi akan berlanjut dan segera cair pada Januari 2023 nanti :  


1. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan Keluarga Harapan (PKH), dimana bantuan PKH di tahun 2022 ini target penerimanya sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat di seluruh Indonesia.


Di tahun 2023 mendatang, kuota penerima manfaatnya masih sama yaitu 10 juta keluarga penerima manfaat.


2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Pemerintah akan mencairkan program BLT Bantuan  Pangan Non Tunai atau sembako BPNT dengan  target penerimanya sejumlah 18,8  juta penerima manfaat di seluruh Indonesia, dan nominal bantuannya sebesarRp200 ribu.


Sementara sistem penyaluran BPNT yaitu  melalui PT. Pos Indonesia  secara tunai  dan ada yang melalui kartu KKS  atau bank penyalur.


Pencairan melalui bank  dalam bentuk saldo E-wallet dan para KPM wajib membelanjakan ke agen ataupun ke  warung. Bantuan BPNT  ini akan mulai dicairkan Januari tahun 2023.


3. Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

Bantuan lain yang akan kembali dicairkan di tahun 2023 yaitu bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).


Jadi untuk bantuan PIP sendiri alokasinya sebanyak 17,9 juta siswa penerima mulai dari jenjang pendidikan SD sederajat hingga SMA  sederajat.


Bantuan PIP untuk pendidikan SD dan SMP menggunakan bank penyalur bank BRI. Kemudian untuk jenjang SMA dan SMK menggunakan bank penyalur yaitu bank BNI.


Adapun besaran bantuannya untuk jenjang SD sebesar Rp450.000. Untuk SMP sederajat sebesar Rp750.000, dan untuk jenjang SMA dan SMK sederajat sebesar Rp1.000.000 juta  rupiah.


4.  Bantuan PIP Kementrian Agama

Diantara Bantuan yang masih cair di tahun 2023 adalah bantuan PIP kementrian agama. 


Bantuan ini untuk sekolah yang dibawah naungan kementrian agama seperti, MI, MTS, dan Madrasah Aliyah.


Bantuan PIP untuk Kemenag ini dianggarkan  untuk tahun 2022  ini adalah sebesar dua juta siswa.


Adapun besaran bantuannya masih sama, yaitu untuk jenjang pendidikan MI, yaitu Rp450.000, MTS Rp750.000 dan Madrasah Aliyah sebesar satu juta rupiah.


5. Bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Prediksi Bantuan Tunai Langsung atau BLT yang masih tetap dicairkan di tahun 2023 yaitu bantuan Kartu Indonesia Sehat atau KIS.


Penerima Bantuan Iuran BPJS,  kesehatan yang gratis dbayar iurannya oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.


Tentu bantuan KIS ini manfaatnya sangat luar biasa karena apabila  penerima ini sakit,  yang mengharuskan operasi apabila tanpa menggunakan KIS BPI ini biayanya  sangat banyak.


Demikian informasi terkait Bantuan Langsung Tunai 2023, semoga bisa membantu menjadi informasi yang bermanfaat. 

×
Berita Terbaru Update