Mengalami Kesulitan Hidup? Simak 5 Manfaat 10 Ayat Pertama Surah Al-Kahfi Ini -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Mengalami Kesulitan Hidup? Simak 5 Manfaat 10 Ayat Pertama Surah Al-Kahfi Ini

Jumat, 23 Desember 2022 | 11.09.00 WIB Last Updated 2022-12-23T04:10:05Z

Ilustrasi membaca Al-Quran/Freepik


POJOKINSPIRA.COM -- Surah Al-kahfi adalah surah yang terkandung dalam Al-Quran yang menceritakan tentang Ashabul Kahfi. 


Sebagai firman Allah SWT sekaligus Mukjizat baginda Nabi Muhammad SAW, Al-Quran tentu memiliki banyak manfaat bagi yang mengamalkannya. 


Demikian juga dengan surah Al Kahfi, sangat banyak riwayat yang memberikan petunjuk tentan faedah dan manfaat bagi para pembacanya terutama di hari Jumat. 


Dikutip pojokinspira.com dari laman islam nu.id Jumat, (23/12/22) bahwa banyak manfaat bagi yang mengamalkan 10 ayat pertama surah Al Kahfi.


Hal itu disampaikan oleh KH Sujadi Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu Lampung bahwa banyak manfaat dari membiasakan mengamalkan pembacaan 10 Ayat pertama Surah Alkahfi. 


“Membaca dan membiasakan membaca 10 ayat pertama surat Al-Kahfi memiliki banyak manfaat. Karena isinya sangat monumental dan spesial, banyak kandungan hikmah dan moralitas keagamaan serta keteguhan yang dicontohkan oleh para Ashabul Kahfi,” terang KH Sujadi seperti dikutip pojokonspira.com dari laman islam.nu.id Jumat, (23/12/22). 


Berikut Keutamaan 10 ayat pertama surah Al-Kahfi yang pojokinspira.com kutip dari islam.nu.id untuk anda. 


1. Terhindar dari orang-orang Dzalim. 


Di antara keutamaan 10 ayat pertama surat ini adalah bisa menjadikan seseorang terhindar dari orang-orang yang akan menyakiti dan memusuhinya sebagaimana perlindungan Allah kepada para Ashabul Kahfi. Allah memberikan perlindungan kepada mereka dengan cara-cara yang tidak masuk akal manusia. Mereka diberikan keselamatan dengan bersembunyi di gua sampai dengan pergantian abad penguasa yang mendzaliminya.


2. Diberikan Keteguhan Iman 


Selain bisa terhindar dari musuh, orang yang mengamalkan 10 ayat spesial ini, karena diawali dengan kata Alhamdulillah, juga memiliki keutamaan lain seperti diberikan keteguhan iman sebagaimana Allah memberikan keteguhan iman kepada Ashabul Kahfi.


3. Diberi kecerdasan dalam mencari solusi kesulitan yang dihadapi. 


“Diberi kecerdasan dan ditunjukkan oleh Allah untuk menemukan jalan keluar dari kesulitan yang dihadapi sebagaimana Allah memberi jalan keluar para Ashabul Kahfi,” jelas Abah Sujadi, sapaan karibnya, pada ngaji Tafsir Al-Qur’an yang diasuhnya setiap pagi ini.


4. Diberikan rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka.


Keutamaan lain dari 10 ayat pertama ini adalah akan diberikan seseorang rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka sebagaimana Allah memberikan rezeki kepada para Ashabul Kahfi. 


Rezeki di sini bukan hanya dalam bentuk materi saja, namun rasa aman, kesehatan, dan keselamatan, juga merupakan anugerah rezeki yang besar dari Allah.


5. Mengandung doa sepesial dari Ashabul Kahfi. 


Penutup dari 10 ayat pertama ini pun lanjut Abah Sujadi, sangat spesial karena berbentuk doa dari para Ashabul Kahfi yakni:



رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا



Artinya: “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”


Demikian manfaat 10 ayat pertama Surah Al-Kahfi bagi yang membacanya. 

Wallahu A'lam Bisshowab 


×
Berita Terbaru Update