Jinan Laetitia, Mahasiswi ITB Peraih AMI Award 2022 -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Jinan Laetitia, Mahasiswi ITB Peraih AMI Award 2022

Rabu, 14 Desember 2022 | 16.24.00 WIB Last Updated 2022-12-17T16:46:14Z

POJOKINSPIRA.COM -- Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards 2022) telah selesai diselenggarakan Selasa, (13/12/22). 


Ajang penghargaan bagi insan musik tersebut berlangsung di Studio RCTI dengan mengusung tema selaras dengan Presidensi G20 Bali 2022, yaitu "Recover Together, Recover Stronger Through Music" 


Dari sekian banyak penerima penghargaan salah satunya adalah Jinan Laetitia, seorang mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB)


Berangkat dari keluarga yang mencintai dan pemusik, membuat Jinan Laetitia mengenal musik sejak kecil. Sehingga baginya tidak asing dengan dunia musik. 


Seperti dikutip pojokinspira.com dari laman ITB Rabu, (14/12/22), Jinan mulai akrab dengan musik sejak ayahnya kerab memutar musik genre Jazz dengan lantunan piano yang dimainkannya. 


"Ayah aku seorang keyboardist dan sering muter lagu jazz jadi sudah terbiasa dengan musik sejak kecil," ujar Jinan.


Pearaih piala AMI sebagai penyanyi wanita solo tersebut menceritakan titik awalnya bermusik pada tahun 2019. Bermula dari gubahan lagu menggunakan ukulele kesayangannya hingga bermusik di bawah label musik Warner Musik Indonesia.


Kemudian lagu ciptaan Jinan mendapat respons positif dari orang sekitar, sehingga semakin memotivasi Jinan untuk mengembangkan karyanya. Hingga kini, ia dikontrak oleh label musik Warner Music Indonesia.


"Awalnya iseng bikin lagu pake ukulele, terus diunggah di Soundcloud dan aku share ke teman-teman. Mereka suka dan nyaranin untuk diunggah ke Spotify," jelasnya .


Lebih lanjut ia menguraikan bahwa dirinya tidak berpatok pada genre musik. Jinan hanya ingin menciptakan lagu yang dirasa memiliki instrumen yang menarik dan enak dinyanyikan.


Hingga akhirnya, ia menjadi nominasi Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer di AMI Awards 2022. Dari sinilah Jinan menyadari jenis musik yang ia ciptakan R&B Kontemporer dan menjadikan single dengan tajuk "Vanilla" memenangkan penghargaan tersebut.


Meski sibuk sebagai mahasiswa tingkat akhir, hal itu tidak pernah membatasi Jinan dalam berkarya. Ia mengatakan akan kembali meluncurkan single terbarunya yang direncanakan mulai proses syuting di Januari 2023.


Tak sampai disitu, Jinan bahkan mendapati beberapa tawaran pertunjukan. Setelah lulus kuliah, ia ingin fokus untuk menekuni dunia musik dan kajian seni.


Menurut Jinan, dunia kerja tidaklah statis. Apa yang dipelajari hanya jadi basis pikiran, selebihnya kita sendiri yang akan menentukan arah dan tujuan hidup.


"Just do what you love. Jangan terpaku pada apa yang kita pelajari di kuliah aja," pungkasnya. 

×
Berita Terbaru Update