Doa Bagi Pengantin Baru Lengkap Arab Latin dan Terjemahannya -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Doa Bagi Pengantin Baru Lengkap Arab Latin dan Terjemahannya

Sabtu, 10 Desember 2022 | 19.29.00 WIB Last Updated 2022-12-17T16:59:33Z

POJOKINSPIRA.COM -- Bagaikan raja dan ratu, sebuah predikat yang sering kita dengar untuk sepasang pengantin yang sedang duduk di pelaminan.


Bagi kedua mempelai pengantin biasanya tidak ada hadiah yang sangat istimewa buat mereka selain doa agar kehidupan mereka menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rohmah. 


Untuk bisa menjadi lebih berkah, biasanya pengantin mengundang kerabat, sahabat bahkan handai taulan untuk bisa bersama menyaksikan mereka membangun keluarga baru. 


Maka menghadiri undangan mereka selain sebagai ungkapan turut bahagia, kita bisa memberikan doa kepada kedua mempelai yang sedang berbahagia. 


Dikutip pojokinspira.com dari republika.co.id Sabtu (10/12/22) bahwa dalam Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar Imam an-Nawawi' karya Imam an-Nawawi, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan oleh dan untuk pengantin baru.


1. Doa Rasulullah SAW

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu. Rasulullah SAW mendoakan bagi pengantin yang baru menikah:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya: "Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan" (HR. Abu Dawud no. 2130).


2. Doa untuk Pengantin yang Dibaca Suami

Ada doa untuk pengantin yang dibaca setelah akad nikah. Doa untuk pengantin ini dibaca oleh mempelai laki-laki setelah mengucapkan akad nikah.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا

Arab latin: Allaahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa 'alaihi, wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa 'alaihi

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau tentukan kepadanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan dari keburukan yang Engkau tentukan kepadanya."


3. Doa Memohon Berkah Bagi Pengantin Baru

Pernikahan yang dijalani untuk mencari ridho Allah SWT tentu akan dilimpahi keberkahan. Ada doa untuk memohon berkah bagi pasangan pengantin baru.

Doa ini termaktub dalam surat Al Mumtahanah ayat 12 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: "Wahai Nabi! Ketika wanita yang beriman datang kepada Anda untuk melakukan Bai'at (janji setia), bahwa mereka tidak akan menyekutukan Allah; Tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anak mereka, tidak akan berdusta bahwa mereka mengarang antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakai Anda dalam urusan yang baik, maka terimalah janji kesetiaan mereka dan mintalah ampunan bagi mereka dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."


4. Doa untuk Pengantin Baru

Surat Ar Rum ayat 21 bisa juga menjadi doa yang dibaca oleh pasangan pengantin baru. Doa ini sebagai penenang bahwa pasangan pengantin ini bisa menjalani rumah tangga dengan baik.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ - ٢١

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya yang Agung, Dia menciptakan bagimu berpasang-pasangan dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan tenteram dengannya, dan Dia menjadikan di antara kamu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir."

Wallahu A'lam Bhisshowab. 

×
Berita Terbaru Update