5 Bahasa Tubuh atau Body Language Tanda Seseorang Berbohong, No 2 Reflek Tanpa Sadar -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

5 Bahasa Tubuh atau Body Language Tanda Seseorang Berbohong, No 2 Reflek Tanpa Sadar

Kamis, 29 Desember 2022 | 08.19.00 WIB Last Updated 2022-12-29T01:19:59Z

Ilustrasi bahasa tubuh sedang berbohong/Freepik


POJOKINSPIRA.COM -- 5 bahasa tubuh atau body language tanda seseorang sedang berbohong ini mungkin sangat diperlukan bagi anda yang sedang membaca artikel ini. 


Karena membaca bahasa tubuh atau body language orang yang berbohong itu sangat penting agar kita bisa berhati-hati menerima informasi dari lawan bicara kita. 


Bahasa tubuh atau body language seseorang bisa menunjukkan perilaku dari orang tersebut, sehingga pada dasarnya seorang yang sedang berbohong atau jujur mengenai sesuatu informasi atau obrolan bisa terlihat. 


Namun demikian, ini hanyalah salah satu aspek dalam kita menilai lawan bicara kita. Masih banyak aspek lain yang bisa kita jadikan patokan apakah seseorang tersebut berbohong atau tidak.


Berikut 5 tanda bahasa tubuh atau body language seseorang yang sedang berbohong seperti dikutip pojokinspira.com dari berbagai sumber


1. Tergesa-gesa ingin segera menyudahi obrolan 

Bahasa tubuh atau body language seorang yang berbohong biasanya tergesa-gesa saat menjawab atau bahkan cenderung ingin segera menyudahi semua pertanyaannya


Ia merasa buntu hendak menjawab apa lagi, sehingga kuncinya adalah menyelesaikan semua pertanyaan dengan jawaban seadanya agar tidak banyak ditanya.


2. Tiba-tiba menggaruk padahal tidak sedang gatal

Untuk hal ini kadang suka kita dengar teorinya saja padahal memang rata-rata orang berbohong akan selalu menampakkan hal-hal demikian.


Mereka akan melakukan gerak-gerik mencurigakan yang saat ditanya detail justru terasa bingung hendak menjawab apa, sehingga salah satu solusinya adalah menggerakkan tangan.


3. Tiba-tiba membuang pandangan ke kejauhan dan tidak melihat lawan bicara

Membuang pandangan adalah tanda ada yang tersimpan di hatinya sehingga enggan untuk diberitahukan pada orang lain.


Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan, bisa karena takut lupa akan jawaban sebelumnya atau bisa pula karena terlalu merasa pertanyaannya cukup membuatnya gugup.


4. Sering berkedip tanda bingung

Sering berkedip adalah kawan dari terbata-bata saat bicara, tapi ini ditunjukkan dengan matanya yang suka sekali berkedip cepat sembari memikirkan jawaban.


Dalam hal ini, ini akan menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal yang tidak ingin ia jawab baik itu karena tidak tahu atau bahkan menyembunyikannya.


5. Lupa jawaban sebelumnya

Ini sering terjadi pada banyak orang, jika bertanya pertanyaan yang sama maka jawabannya akan beragam saat ditanya detail.


Ini bukan berarti mereka sudah paham, melainkan dari karangan ceritanya itu mereka pun lupa sampai di mana alur jawabannya.


Itulah 5 bahasa tubuh atau body language seseorang yang sedang berbohong, semoga bermanfaat.   


×
Berita Terbaru Update