3 Jenis Makanan yang Cocok Usai Olahraga, No 1 Indonesia Banget -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

3 Jenis Makanan yang Cocok Usai Olahraga, No 1 Indonesia Banget

Rabu, 28 Desember 2022 | 08.44.00 WIB Last Updated 2022-12-28T01:44:17Z

Ilustrasi seseorang minum usai olahraga/Freepik


POJOKINSPIRA.COM -- Jenis makanan yang cocok usai olahraga mungkin saat ini Anda sedang cari untuk memulihkan energi yang terkuras. 


Tidak dipungkiri bahwa olahraga telah membantu membakar kalori yang menyebabkan seseorang merasa lapar dan haus. 


Namun demikian perlu diperhatikan juga jenis makanan yang akan dikonsumsi agar tidak salah dalam memasukkan jenis makanan usai olahraga untuk mengembalikan glikogen, guna menstabilkan gula darah dalam tubuh. 


Dikutip dari berbagai sumber, jenis makanan yang cocok dikonsumsi usai olahraga setidaknya mengandung tiga hal berikut : 


1. Mengandung Karbohidrat


Mengapa harus makanan berkarbohidrat, itu karena saat olahraga, glikogen di dalam tubuh akan digunakan. Itu sebabnya kamu perlu mengonsumsi karbohidrat setelah olahraga untuk memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah digunakan saat olahraga. 


Beberapa makanan berkarbohidrat yang bisa Anda konsumsi setelah olahraga adalah ubi, kentang, nasi, oatmeal, buah, dan sayuran hijau.


2. Mengandung Protein


Selain karbohidrat, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi protein setelah olahraga. Ini karena protein bisa membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak saat olahraga. 


Dalam beberapa studi bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi 20-40 gram protein bisa memaksimalkan proses pemulihan setelah olahraga. 


Anda bisa mendapatkan asupan protein dengan mengonsumsi telur, keju, yoghurt, salmon, dan tuna setelah olahraga. 


Anda bisa mengolahnya sesuai selera kamu dan mengombinasikannya dengan karbohidrat. Misalnya, dengan membuat roti isi telur, roti isi daging, dan lain-lain.


3. Mengandung Sedikit Lemak


Lemak yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah olahraga adalah lemak sehat. Ini karena lemak sehat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot setelah olahraga. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat adalah alpukat dan kacang-kacangan.


Namun demikian, usai olahraga juga Anda akan kehilangan cairan. Makan Untuk menghindari dehidrasi anda dianjurkan juga cukup minum air putih. 


Demikian informasi jenis makanan yang cocok usai olahraga semoga bermanfaat.  


×
Berita Terbaru Update