10 Makanan Penyumbang Kolestrol Tertinggi, No 10 Favorit Semua Orang -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

10 Makanan Penyumbang Kolestrol Tertinggi, No 10 Favorit Semua Orang

Rabu, 14 Desember 2022 | 17.19.00 WIB Last Updated 2022-12-17T16:44:57Z

POJOKINSPIRA.COM -- Kolestrol dengan lemak jahat  adalah salah satu penyumbang tertinggi seseorang mengalami gagal jantung karena penumpukan plak di pembuluh darah. 


Penyumbatan pada pembuluh darah berakibat pada ketidak lancaran aliran darah, sehingga mengganggu fungsi jantung yang mengakibatkan seseorang sesak. 


Pada dasarnya kolestrol bagus untuk memperlancar pencernaan dan pembentukan vitamin D dalam tubuh. 


Namun demikian, ketika kolestrol tinggi banyak mengandung lemak jahat, akan berakibat pada penumpukan penyakit dalam tubuh seseorang. 


Dan salah satu pemicu kolestrol tersebut adalah makanan yang mengandung lemak. Seperti dikutip pojokinspira.com dari berbagai sumber berikut jenis makanan dan minuman yang mengandung lemak tinggi, diantaranya adalah: 


1. Makanan Siap Saji

Suka makanan siap saji karena enak dan simple? Mulai dari sekarang gantilah dengan makanan yang lebih sehat. Sebab, studi pada 2015 menyebut orang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol dan lemak yang tinggi. Pun penyuka makanan ini berpotensi mengalami peradangan dan gangguan regulasi gula darah


2. Sirup Maple dan Madu

Meski dianggap lebih sehat dibandingkan gula pasir, madu dan sirup maple tetap mengandung lemak yang bisa meningkatkan trigliserida dalam darah. Oleh karena itu, perhatikan penggunaannya.


3. Alkohol

Alkohol sebenarnya tidak mempunyai pengaruh yang signifikan bagi tubuh jika diminum sesuai takaran. Bagi wanita dan pria di atas 65 tahun disarankan meminum alkohol tidak lebih dari segelas setiap hari, sedangkan pria sehat di bawah 65 tahun dibatasi hingga dua gelas setiap hari. Sebab, gula tinggi yang terkandung dalam alkohol bisa meningkatkan trigliserida dalam darah.


4. Mentega atau Margarin

Mentega dan margarin juga mempunyai masalah serupa dengan kolesterol tinggi. Sebab, kedua jenis minyak tersebut diolah dengan proses hidrogenasi sehingga meningkatkan kandungan lemak trans. Sebagai penggantinya, masyarakat bisa memilih minyak yang lebih sehat, seperti zaitun, kanola, dan biji rami.


5. Kelapa

Kelapa merupakan buah tropis yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Daging hingga air kelapa (santan) tentunya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Namun berhati-hatilah, kelapa juga memiliki lemak jenuh yang tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan jantung. Jika dirasa ragu, segera tanyakan ke dokter guna menakar kebutuhan kelapa untuk kesehatan tubuh.


6. Kue dan Pasteri

Kue, donat, pasteri menggunakan minyak atau mentega sebagai bahan dasar pembuatannya. Tak heran makanan ini pun memicu kolesterol tinggi.


7. Makanan Asin dan Manis

Makanan yang memiliki cita rasa yang kuat, seperti asin dan manis, memang digemari oleh masyarakat. Namun, tahukah kamu? Terlalu banyak menambahkan garam dan gula dalam masakan bisa berbahaya bagi jantung.

Garam yang terlalu banyak bisa menyebabkan hipertensi, sedangkan gula memicu diabetes dan kenaikan berat badan drastis. Keduanya berisiko menambah plak yang melekat pada arteri dan kolesterol.


8. Daging Merah

Daging sangat bagus untuk memenuhi protein dalam tubuh. Namun, terkadang masyarakat lupa bahwa daging tersebut juga memiliki lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Jadi, pilihlah sumber protein hewani rendah lemak, seperti unggas tanpa kulit atau daging tanpa lemak.


9. Produk Olahan Susu

Susu mengandung kalsium yang baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Akan tetapi, pengonsumsian olahan susu berlebih bisa berbahaya karena mengandung lemak jenuh tinggi dan sodium.


10. Gorengan

Gorengan adalah makanan pantangan pertama untuk pengidap kolesterol tinggi. Kentang goreng, ayam goreng dengan kulit, bakwan, dan makanan lain yang dimasak dengan deep fryer memiliki lemak jenuh dan kolesterol dalam jumlah tinggi dari minyak yang dimasak.


×
Berita Terbaru Update